Saturday 26 January 2019

tokoh-tokoh pembaharuan umat islam pada masa modern


Tokoh-Tokoh pembaharuan islam pada masa modern
Tokoh- tokoh yang mempelopori gerakan pembaharuan ,antara lain :Muhammad bina abdul wahab ,syah waliyullah,Muhammad ali pasya,al-tahtawi,jamaluddin al-afgani,Muhammad abduh,rasyid rida,sayyid ahmad khan dan sultan Muhammad Mahmud II.


1.MUHAMMAD BIN ABDUL WAHAB.
     
                                                       Diarabia timbul suatu aliran wahabiyah,yang mempunyai pengaruh pada pemikiran pembaharuan pada abad ke-19 .pencetusnya adlah muhammad bin abdul wahab (1703-1787) yang lahir di uyaniyah,nejd,arab Saudi.setelah menyelesaikan pelajarannya di madinah dia pergi ke basrah dan pindah ke bagdad dan disini ia menikah dengan seorang wanita kaya.lima tahun kemudian,ssetelah istrinya meninggal dunia  ,ia pindah ke Kurdistan,selanjutnya ke hamdan dank e ishafan.di kota Isfahan,ia sempat mempelajari filsafat dan tasawuf.setlah bertahun-tahun merantau,ia akhirnya kembali ke tempaat kelahirannya di nejed.
Pemikiran yang dicetuskan Muhammad bin abdul wahab mempperbaiki kedudukan umat islam timbul bukan reaksi terhadap suasana politik seperti yangterjadi di kerajaan utsmani dan Mughal,tetapi reaksi terhadap paham tauhid yang terdapat dikalangan umat islam saat itu.kemurnian paham  tauhid mereka telah dirusak oleh ajaran –ajaran tarekat yang semenjak abad ke13 memang tersebar ke seluruh dunia islam.
                                        Soal tauhid merupakan ajaran paling dasar islam.oleh karena itu,tidak mengherankan kalau Muhammad bin abdul wahab memusatkan perhatian soal ini.Ia berpendapat seperti berikut.
a.yang boleh disembah hanyalah Allah swt.,dan orang yang menyembah selain Allah swt .telah menjadi musryik dan boleh dibunuh.
b.kebanyakan oorang islam bukan lagi sebagai paham ytauhid yang sebenarnya karena mereka bukan meminta pertolongan kepada Allah swt,tetapi dari syekh atau wali dari kkekuatan gaib.orang islam juga telah menjadi musryik.
c.meminta syafaat selain dari Allah swt .adalah musryik.
d.menyebut nama nabi atau syekh,atau malaikat sebagai perantara dalam doa merupakan syrik.
e.bernazar selain kepada Allah swt juga syrik.
f.memperoleh pengetahuan selain daari al-quran,dan hadis dan qias (analogi) merupakan kekufuran
g.tidak percaya kepada qada dan qadar Allah swt.juga merupakan kekufuran.
h.demikian pula menafsirkan al-quran dengan ta’wil(interpretasi bebas) adalah kufur.
                                        Pemikiran-pemikiran Muhammad bin abdul wahab yang mempunyai pengaruh pada perkembangan pemikiran pembaharuan di abad ke 19 antara lain seperti berikut
a.hanya al-quran dan hadislah yang merupaka sumber asli dari ajaran islam .pendapat ulama bukan merupakan sumber.
b.taklid kepada ulama tidak dibernarkan.
c.pintu ujtihad terbuka dan tidak tertutup

2.Syah Waliyullah
  
                              Dilahirkan di delhi pada tanggal 21 feb 1703 M.Ia mendapatkan pendidikan dari orang tuanya ,syah abdul Rahim,seorang sufi dan ulama yang mempunyai madrasah.setelah dewasa ,ia kemudian turut mengajar di madrasah itu.selanjutnya ia pergi naik haji selama satu tahun di hejaz ia sempat belajar pada ulama-ulama yang ada di mekkah dan madinah.ia kembali ke delhi pada 1732 dan meneruskan pekerjaan lamanya sebagai guru.di samping itu ia gemar menulis buku dan meninggalkan karya-karyanya,diantaranya  buku  hijatullah al-baligah dan fuyun al-haramain
                                        Diantara penyebab yang membawa kelemahan dan kemunduran umat islam menurut pemikirannya adalah sebagai berikut.
a.terjadinya system perubahan pemerintahan islam dari system ke khalifaan menjadi system kerajaan.
b.sistem demokrasi yang ada dalam kekahlifahan diganti dengan system absolut.
c.adat isitiadat dan ajaran umat islam masuk dalam ajaran umat islam.
       Di zaman zyah waliyullah,penerjemahan al-quran ke dalam bahasa asing masih dianggap terlarang.tetapi,ia melihat orang diindia membaca al-quran dengan tidak tahu isinya.pembacaan tanpa pengertian tak diterjemahkan dalam bahasa yang dapat dipahami orang awam.bahasa yang dipilihnya adalah bahasa Persia disempurnakan syah waliyullah pada tahun 1758.terjemahan itu pada mulanya mendapat tantangan,tetapi lambat laun dapat juga diterima oleh masyarakat ,karena masyarakat telah menerima terjemahan,putranya kemudian membuat terjemahan ke dalam bahasa urdu,bahasa yang lebih umum dipakai oleh masyarakat islam daripada bahasa Persia.
3.Muhammad ali pasya
                                Lahir di kawala yunani pada tahu 1765 M adalah seorang keturunan turki dan meninggal pada1849 M.sebagaimana raja islam lainyya,Muhammad ali juga mementingkan soal yang bersangkutan denga militer.ia yakin bahwa kekuatannya dapat diperkuat dengan kekuatan militer.disamping itu,ia mengerti bahwa di belakang kekuatan ekonomi mesti ada kekuatan ekonomi yang sanggup dalam membelanjai pembaharuan dalam militer,Dan bidang-bidang yang bersangkutan dengan militer.jadi ada dua hal yangpenting  baginya,kemajuan ekonomi dan kemajuan militer.kedua hal tersebut menghendaki ilmu-ilmu modern yang ada di eropa.
                                        Ide dan gagasan ali pasya yang sangat inovatif pada zamannya antar lain bahwa,untuk mendirikann sekolah-sekolah modern dan memasukkan ilmu-ilmu modern ke dan sains ke dala kurikulum.sekolah inilah yang dikenal sebagai sekolah modern di mesir pada umumnya di islam dan lainnya.
                                        Saat itu mesir mempunyai pendidikan tradisional yaitu kuttab,masjid madrasah dan jami’al-azhar.
4.Al-Tahtawi
                                Rifa’ah baidawi ra’fi al-tahtawi ia lahir pada tahun 1801 masehi dan meninggal di kairo pada 1873 masehi.
Beberapa pemikirannya tentang pembaharuan islam sebagi berikut.
a.ajaran islam bukan hanya mementingkan tentang akhirat tetapi juga dunia nyata,islam juga harus memperhatikan dunia nyata.
b.kekuasaan raja yang abslut harus dibatas oleh syariat,raja harus bermusyawarah dengan ulama dan kaum intelektual.
c.syariat harus diartikan sesuai dengan perkembangan modern.
d.kaum ulama harus mempelajari filsafat dan pelajaan modern agar syariat dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat modern.
e.pendidikan harus bersifat universal,misalnya wanita harus memperhatikan pendidikan yang sama dengan pria.istri harus menjadi teman dalam kehidupam intelektual dan social.
f.umat islam harus dinamis dan meninggalkan sifat statis.

5.Jamaluddin Al-Afgani
                                 
       Jamaluddin lahir di afganistan pada tahun 1839 masehi dan meninggal di Istanbul pada tahun 1897.
 Beberapa pemikiran jamaluddin al-afgani tentang pembaharuan islam adalah sebagai berikut.
a.kemunduran umat islam tidak disebabkan oleh perkembangan zaman dan kondisi.kemunduran itu disebabkan olh beberapa factor.
b.umat mengembalikan kejayaan pada masa lalu dan sekaligus menghadapi dunia modern,yang murni dan ummat islam harus kembali pada ajaran islam yang murni dan islam harus dipahami dengan akal dan kebebasan  .
c.corak pemerintahan otokrasi dan absolut harus diganti dengan pemerintahan demokratis.kepala Negara harus bermusyawarah kepada masyarakat yang berpengalaman.
d.tidak ada pemisahan antara agama dan politik.pan islamisme atau rasa solidaritas antar umat islam harus dihidupkan kembali.

6.Muhammad Abduh
     
  Muhammad abduh dilahirkan dimesir pada tahun 1849 masehi.dan bapaknya bernama abduh hasan khaerullah berasal daari turki yang lama tinggal dimesir.ibunya berasal dari bangsa arab yang siislahnya meningkat sampai suku bangsa umar bin khattab.
                                        Ide pembaharuan Muhammad abduh sebagai berikut.
a.pembukaan pintu ijtihad.menurut Muhammad abduh,ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan ajaran islam.
b.penghargaan terhadap akal.islam adalah ajaran nasional yang sejalan dengann akal sebab dengan akal,ilmu pengetauann akan maju.
c.kekuasaan Negara harus dibatasi dengan konstitusi yang telah dibuat olleh Negara yang bersangkutan.

7.Rasyid Rida
                            
    adalah murid Muhammad abduh yang terdekat,ia lahir pada 1865 di al-qalamun,suatu desa dilebanon yang lni letaknya tidak letak pada kota Tripoli di suria.

Beberapa pemikran rasyid rida tentang pembaharuan islam sebagi berikut.
a.sikap aktif dan dinamis dikalangan umay islam harus ditumbuhkan.
b.umat islam harus meninggalkan sikap dan pemikiran kaum jabariyah.
c.akal  dapat dipergunakan untuk menafsirkan ayat dan hadis tanpa meninggalkan prinsip umum.
d.umat islam harus menguasai sains dan teknologi untuk maju.
e.kemunduran umat islam disebabkan oleh bid’ah dan khufarat yang masuk ke dalam ajaran umat islam.
f.kebahagiaan dunia akhirat diperoleh leh hokum yang diciptakan Allah swt.
g.perlu menghidupkan kembali system khalifah.
h.khalifah adalah penguasa didunia islam yang menguasai dunia islam dan politik.
i.khalifah haruslah seorang mujtahid besar dengan bantuan para ulama dalam menerapkamn prinsip hokum islam sesuai dengan tuntutan zaman.


8.Sayyid Ahmad Khan
   Setelah hancurnya gerakan mujahidin dan kerajaan Mughal sebagai akkiibat dari pemberontakan pada 1857,muncullah sayyid ahmad khan sebagai pemimpin baru di india .ia lahir di delhi pada 1817 .

Pemikiran sayyid ahmad khan tentang pembaharuan umat islam adalah sebagai berikut.
a.kemunduran umat islam disebabkan tidak mengikuti perkembangan zaman dengan cara mengusai sains dan teknologi.
b.ia berpendirian bahwa manusia berhak berkehendak dan berbuat sesuai dengan suantullah yang tidak berubah.gabungan kemampuan akal,kebebasan manusia berkehendak  dan berbuat,serta hokum alam ilmiah yang menjadi sumber kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern
c.sumber ajaran islam hanyalah al-quran dan hadis.
d.ia menentang taklid dan perlu adanya ijtihad sehingga umat islam dapat berkembang seiring dengan kemajun ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
e.ia berpendapat satu-satunya yang dapat mengubah pola piker umat islam adlah dengan pendidikan.

9.Sultan Mahmud II
Lahir pada 1875 dan wafat pada 1839. 

        Sultan Mahmud II melakukan pembaharuan islam sebagai berikut.
a.menerapkan system demokrasi dalam pemerintahannya.
b.menghapus pengultusan sultan yang dianggap sucu ollrh rakyatnya.
c.memasukkan kurikulum umu ke madrasah.
d.mempersiapkan sekolah yang menyiapkan tenaga-tenaga administrasi,dan penerjemah.
e.mendirikan sekolah militer,kedokteran dan teknik.

10.Muhammmad Iqbal
          
 Lahir dan berasal dari golongan menengah dan lahir di Sialkot pada tahun 1876.
     Pemikiran Muhammad iqbal tentang pembaharuan umat islam adalah sebagai berikut.
a.ijtihad mempunyai kedudukan penting dalam pembaharuan islam dan ijtihad tetap terbuka.
b.ummat islam perlu mengembangkan sikap dinamisme.dala syiarnya,ia mendorong umat islam agar terus bergrak dan jangan tinggal diam.
c.kemunduran umat islam disebabkan oleh kebekuan dan kejumudan dalam berpikir.
d.hukum islam tidak bersifat statis,tetapi dapat berkembang sesuai perkembangan zaman.
e.umat islam harus menguasai teknologi yang dikuasai barat.
f.perhatian umat islam dalam zuhud  menyebabkan kurangnya perhatian terhadap masalah-masalah keduniaan dan social kemasyarakatan.

No comments:

Post a Comment